Rabu, 18 November 2020

Analisis Artikel Tugas Menulis 4

 


image by : https://lektur.id/arti-analisis-bahasa/ 

ANALISIS KALIMAT EFEKTIF

Oleh : Zutroyzky Printa Mc Olyespania

Manajemen FEB UHAMKA

Analisis Artikel Tugas Menulis 4 : 

https://dhimkyroyz.blogspot.com/2020/11/peluang-perubahan-hr-di-masa-depan.html



Penggunaan Kalimat Tunggal

    di dalam artikel "Peluang Perubahaan HR di masa Depan" penggunaan kalimat tunggal yang terdapat satu gagasan dengan satu subjek dan satu predikat tidak terdapat pada artikel tersebut, dikarenakan gagasan yang terdapat pada artikel tersebut selalu ditambahkan kalimat penyambung seperti "yang" dan penambahan kalimat lainnya.


Kalimat Majemuk Setara

    kalimat majemuk setara terbentuk dari dua atau lebih kalimat tunggal dan kedudukan kedua klausa sederajat. Di dalam artikel tersebut terdapat kalimat seperti "Manajemen HR (Human Resourch) mempunyai peranan penting di dalam sebuah perusahaan maupun organisasi".

 

Kalimat Majemuk Bertingkat

    Kalimat yang terdiri dari induk kalimat dan anak kalimat sehingga kedudukannya tidak sama, seperti yang bisa dilihat dalam artikel pada bagian "Kebutuhan akan peluang pekerjaan semakin membesar seiring dengan bertumbuhnya tingkat  pelamar pekerjaan".


Kalimat Efektif di dalam artikel menunjukan banyak point/ gagasan yang sesuai dengan judul dari artikel tersebut. pada bagian-bagian tertentu penekanan pada menggunakan repitisi kata/frasa maupun pertentangan kata/ frasa. dan juga ada beberapa paralelisme yang salah di dalam artikel tersebut walaupun demikian, penalaran atau logika dari isi artikel tersebut tersampaikan dengan jelas dan cukup baik.


Daftar Pustaka:

PPT "Kalimat Efektif" DI SUSUN OLEH : NURKHUMAIRA TUS DAYU, S.PD., M.PD. 

Artikel "Peluang Perubahan HR di masa depan"

 https://dhimkyroyz.blogspot.com/2020/11/peluang-perubahan-hr-di-masa-depan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar