Selasa, 17 November 2020

Peluang Perubahan HR di masa depan

 

image by https://www.flexjobs.com/blog/post/hr-career-path/ 


Peluang Perubahan HR di masa depan

Oleh : Zutroyzky Printa Mc Olyepania

Manajemen UHAMKA


            Saat ini kita dihadapkan pada kondisi yang sangat luar biasa, mulai dari kondisi Pandemi, keputusan Pemerintah dalam mengeluarkan RUU Tenaga kerja (OMNIMBUS LAW), hingga Ekonomi yang sangat sulit di prediksi. Banyak Karyawan yang di PKH dan di berlakukan WFH (work from home) dan hal ini dilakukan oleh banyak perusahaan maupun instasi Negara.

 

            Perubahan secara signifikan ini sangat mempengaruhi banyak sektor mulai dari Pariwisata, Pertaniasn, Perikanan, dll. Bahkan UKM hingga UMK dan banyak dari UKM yang melakukan gulung tikar karena perubahan yang terjadi karena pandemi covid-19 ini, lalu bagaimana nasib dari para Job Seeker (pencari kerja) yang baru saja lulus studi perkuliahan maupun dari lulusan Sekolah Menengah Atas? Tentu persaingan kerja menjadi hal yang sangat sulit untuk di menangkan pada saat ini.

           

            Sebagai Mahasiswa/ Pelajar yang harus mempersisapan diri untuk memasuki dunia kerja ini menjadi sebuah tantangan besar, banyak dari mahasiswa yang berusaha bagaimana masa depannya akan terwujud dengan keadaaan seperti ini? Lalu apakah lapangan pekerjaan akan tersedia di masa yang akan datang? Atau apakah Jobdesk yang saat ini tersedia akan masih ada di masa yang akan datang?

 

            Manajemen HR (Human Resourch) mempunyai peranan penting di dalam sebuah perusahaan maupun organisasi. Sebagai jembatan dari karyawan ke petinggi perusahaan, HR memiliki tanggung jawab atas keputusan yang harus dibuat untuk kepentingan Pimpinan, karyawan, dan tujuan perusahaan. Dengan perubahan keadaan karena Pandemi banyak keputusan yang harus di ambil demi mempertahankan operasiaonal perusahaan termasuk keputusan kritikal seperti PHK. Dan ternyata permaslahan ini tidak hanya berpengaruh terhadap keputusan saja, tapi juga mempengaruhi masa depan job desk dari HR itu sendiri.

 

            Kebutuhan akan peluang pekerjaan semakin membesar seiring dengan bertumbuhnya tingkat  pelamar pekerjaan, seperti yang kita ketahui sebelum kata “HR” di gunakan dahulu lebih dikenal dengan Baian Personalia, dan sekarang di beberapa perusahaan di sebut dengan HC (Human Capital) yang artinya perubahan HR di masa depan juga ikut berubah, menyesuaikan kebutuhna yang diperlukan oleh perusahaan seiring dengan berkembangnya zaman. Seperti yang kita ketahui industry 4.0 mengacu kepada pengelolaan dan opersional menggunakan teknologi robot dan internet. Hal ini menyebabknya banyak perubahan jobdesk dari HR itu sendiri di masa depan.

 

            WFH (Work From Home) atau yang kita kenali sebagai bekerja di rumah, inilah yang di lakukan perusahaan untuk tetap menjalankan operasional perusahaan (walaupun tidak semua perusahaan melakukannya). Keputusan ini di ambil terkait dengan keputusan pemerintah di karenakan pendemi covid -19 yang mengharuskan interaksi sosial di lakukan secara berjarak (Social Distancing). Dengan diberlakukannya WFH hampir seluruh kegiatan operasional perusahaan di lakukan dari rumah dan hanya beberapa kegiatan saja yang di lakukan secara langsung di kantor ataupun instasi. Adapun operasional yang tidak menggunakan WFH harus dengan protokol kesehatan yang lengkap. Karena jika tidak melakuakn protokol kesehatan dan aturan jam operasional dari pemerintah ijin dari perusahaan tersebut kan di cabut atau di beri sanksi yang tentu memberatkan perusahaan yang membandel.

 

 

            Peluang perubahan di masa depan bisa tercipta atau diciptakan. Peluang yang tercipta karena faktor external dan diciptakan dengan pengaruh faktor internal, dari kedua variabel ini kita bisa mengkotakan bagian mana dari peluang ini yang berpengaruh terhadap pengambilan keputusan yang akan di lakukan. Dari kondisi saat ini banyak perusahaan yang ingin mempertahankan operasionalnya berjalan walaupun banyak juga perusahaan yang bangkrut dan menghentikan operasionalnya.

           

            HR harus lebih jeli dan kritis dalam membuat keputusan dan membuka lapangan pekerjaan baru bahkan termasuk mesin atau robot. Karena penggunaan robot akan mempermudah produksi dan meningkatkan output yang di dapat, dengan demikian akan ada banyak jobdesk baru dan lapangan pekerjaan baru yang mungkin hingga saat ini kita tidak pernh mendengar pekerjaan tersebut. Contoh : WFH Facilitator, seperti yang kita ketahui bekerja di rumah tidak semudah bekerja di kantor dengan waktu operasional yang tetap dan lingkungan yang mendukung untuk bekerja, sedangkan problema kebanyakan karyawan melakukan pekerjaan kantornya di rumah pasti mengalami kendala pekerjaan karena bekerja di rumah dengan kegiatan di rumah yang mau tidak mau harus di kerjakan juga. Hal ini mengurangi efektifitas pekerjaan yang dilakukan sedangkan pihak perusahaan pasti ingin operasional berjalan seperti biasanya, maka akan ada kemungkinan di masa depan job desk baru seperti WFH facilitator ini di butuhkan untuk memnuhi kebutuhan para pekerja yang melakaukan pekerjaannya di rumah.

 

            Seperti contoh di atas peluang di masa depan ini memiliki jangka waktu yang tidak sebentar dan dapat berubah sesuai dengan keadaannya, seperti yang di katakan oleh Ibu Liz Zuhriyah di dalam pemamparan Webinar “The Future of HR” bahwa “robotik termasuk SDM yang akan kita pekerjakan di masa depan yang akan menggantikan banyak operasional yang dilakukan manusia, namun juga akan banyak jobdesk baru yang terccipta dari industry 4.0 ini” hal ini membuktikan bahwa perkembangan peluang pekerjaan baru akan sanagat banyak tercipta di masa yang akan datang.

 

            Hal ini tidak terjadi hanya pada HR saja tapi akan terjadi di banyak sektor ataupun divisi di setiap perusahaan, yang artinya perkembangan pribadi tidak hanya sebatas mencapai tujuan, melainkan harus berkembang sesuai dengan kondisi dan masa nya, memperkaya ilmu dan memperluas pandangan dalam bekerja akan membuat peluang pekerjaan menjadi sangat luas dan mudah. Masa depan dengan berbagai faktor mempengaruhi keputusan yang kita buat untuk mencapai kesuksesan.


Daftar Pustaka :

PPT PUEBI - Nurkhumaira Tus Dayu, S.Pd., M.Pd. 

PPT The Future of HR - Liz Zuhriyah


Tidak ada komentar:

Posting Komentar